27 Desember 2014

KOMPONEN BOILER PLTU

Bismillahirrahmanirrahim



Apa itu boiler ? Boiler memiliki fungsi penting pada sistem pembangkit listrik tenaga uap yaitu merubah fasa air menjadi fasa uap superheat (satureated) yang bertemperatur dan bertekanan tinggi yang nantinya dipergunakan untuk memutar turbine. proses dalam memproduksi uap ini disebut "steam raising"

Oke untuk pengetahuan dasar yang harus kita ketahui mengenai boiler yaitu komponen-komponen nya baik yang komponen utama atau komponen bantu.

Boiler component we need to now,

Furnace
Downcomers
Economizer
Steam drum
SuperheaterReheater
Desuperheater
Safety valve

Check Drawing tata letak nya
Next untuk penjelasannya

  • Furnace (Ruang bakar)

Apaitu furnace? furnace adalah bagian utama dari boiler dimana tempat berlangsung nya proses pembakaran antara bahan bakar (Batu bara, HSD, dll) dengan udara pembakaran.

  • Downcomers

downcomers jika dilihat dari konstruksi nya terhubung langsung dengan steam drum maka bisa diketahui fungsi dari downcomers yaitu mensirkulasikan fluida yang masih berwujud air pada steam drum menuju lower header header boiler dan masuk ke water wall boiler atau riser

  • Economizer

Feed water yang dipompakan oleh boiler feed pump (Pompa pengisi boiler) sebelum menuju kesteam drum, feed water sebelumnya melewati economizer terlebihh dahulu. disini economizer berfungsi menaikkan temperatur feed water hingga mencapai titik didihnya, pemanas pada econimizer memanfatkan gas buang dari boiler itu sebabnya posisi economizer letaknya berada disisi outlet gas buang dari pembakaran boiler.

  • Steam Drum

Steam drum yaitu bejana bertekanan tempat menampung air dari economizer dan uap hasil penguapan dari water wall/ riser disini juga steam drum berfungsi sebagai pemisah antara air dan uap. uap sendiri menuju superheater sedangkan air turun melalui downcomer menuju water wall/riser
steam drum memiliki peranan penting dalam sistem sirkulasi uap dan air, maka dari itu level drum sangat dijaga, bila level drum low maka akan menyebabkan overheating pada sisi water wall dan sebaliknya jika level drum high maka air pada drum akan terbawa menuju superheater dan maasuk ke turbine.

  • Superheater

Uap keluaran dari steam drum akan menuju superheater pada superheater uap dipanaskan lebih lanjut hingga uap mencapai temperature kerjanya (Design) menjadi uap panas lanjut (Superheated vapour).

  • Reheater
Fungsi dari reheater yaitu pemanasan ulang uap keluaran dari High pressure turbine sebelum dipergunakan memutar Intermediate turbine. pada reheater yang mengalami perubahan yaitu temperaturenya sedangkan pressurenya tetap tidak mengalami perubahan.
  • Desuperheater
Fungsi dari desuperheater yaitu menjaga temperature uap (Main steam) dan reheat steam dengan cara menyuntikkan air bertekanan yang didapat/diambil dari discharge boiler feed pum agar tidak melebihi temperature kerjanya
  • Safety Valve
Safety valve atau katup pengaman berfungsi sebagi media pengaman jika terjadi tekanan yang berlebih (Over pressure) pada system PLTU safety valve dipasang pada beberapa tempat yaitu steam drum, Superheater pipe, dan Reheater inlet, outlet pipe











2 komentar:

  1. Referensi dalam pengertian reheater dimana ya?

    BalasHapus
  2. BWT - Anti korosi berfungsi untuk menghambat terbentuknya kerak pada boiler sekaligus memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap serangan korosi pada permukaan logam jenis besi dan tembaga maupun logam campuran pada boiler sistem / Hot water jenis resirkulasi . Chemical ini digunakan khusus untuk perawatan boiler.

    Spesifikasi :
    - Bentuk : Cair
    - Kemasan : 30 Liter/pail

    Untuk info lebih lengkap silahkan menghubungi nomer kami.(081310849918)
    terimakasih.

    BalasHapus